Sistem Informasi Sekolah Airlangga (SIRANGGA)

Sekolah-sekolah yang berada dibawah naungan Airlangga Group di Balikpapan dan Samarinda terus bergerak maju dan berinovasi. Tiada hari tanpa perbaikan. Komitmen Yayasan Airlangga yang kuat untuk mewujudkan sekolah terbaik di Indonesia menjadi motivasi utama untuk terus melakukan inovasi.

Terobosan kali ini adalah mengintegrasikan dan mengembangkan sistem informasi sekolah yang terpadu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini. Sistem ini disebut SIRANGGA (Sistem Informasi Sekolah Airlangga). Terdapat 3 SMK dan 1 SMP yang ada dalam kelompok pendidikan Yayasan Airlangga turut serta dalam program ini yaitu SMK Airlangga, SMK Kesehatan Airlangga, SMK TI Airlangga, dan SMP Plus Airlangga.

SIRANGGA akan menjadi lokomotif penting untuk membawa sekolah-sekolah Airlangga menjadi sekolah dengan layanan terbaik berbasis teknologi informasi terkini. SIRANGGA akan menjadi sistem terpadu yang menyediakan fitur-fitur wajib dalam pengelolaan sekolah modern. Seluruh komponen yang ada di sekolah akan bekerja lebih efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

SIRANGGA akan memadukan berbagai sub-sistem yang sudah berjalan serta sub-sistem baru yang dikembangkan oleh Tim Gabungan Airlangga Group. Tim ini adalah gabungan tenaga IT (information technology) internal terbaik dari SMK bidang IT dan perguruan tinggi di bawah Yayasan Airlangga yaitu STMIK STIKOM Balikpapan dan STMIK SPB Samarinda. Inilah salah satu keunggulan Airlangga Group yang memiliki sumber daya IT lengkap dalam satu payung manajemen sehingga bisa didayagunakan untuk kemajuan seluruh unit dalam yayasan.

SIRANGGA pada dasarnya adalah sistem pembelajaran dan sistem penilaian pembelajaran yang online dan terintegrasi. Disamping itu, SIRANGGA juga memiliki fitur-fitur pendukung lain seperti absensi digital, perpustakaan digital, izin online, raport online dan lain-lain sesuai perkembangan di zaman now. Seluruh guru, siswa, staf, dan orang tua akan memiliki akses satu pintu (single sign-on) ke seluruh layanan sesuai haknya. Ini akan menjadikan sistem lebih mudah diakses dan dimanfaatkan.

Saat ini, sebagian sistem sudah berjalan seperti pembelajaran online, ujian online, hingga absensi elektronik. Dukungan infrastruktur juga telah siap seperti jaringan LAN, Internet, server, genset, dll. Namun itu semua terus dilengkapi dan disempurnakan sesuai Roadmap SIRANGGA yang disusun tim internal Airlangga Group. Sistem ini juga disiapkan agar aman dari gangguan seperti hacking.

SIRANGGA adalah wujud nyata gerakan Airlangga Group mewujudkan sekolah unggul di Kalimantan Timur dan Indonesia. SIRANGGA juga akan menjadi pendukung penting untuk menampung dinamika kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan. Maju terus Airlangga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ยป