Universitas Mulia Gelar Lokakarya Literasi Jurnal RJI 2019

BALIKPAPAN- Dihadiri oleh 72 peserta dari 17 Perguruan Tinggi Wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), Universitas Mulia (UM) bekerjasama dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) menggelar Lokakarya Literasi Jurnal RJI 2019 di Gedung Cheng Ho UM, Jl Letjen ZA Maulani No 9 (Balsel) Kamis (2/5) kemarin.
Ketua Panitia Lokakarya Literasi Jurnal RJI 2019 Richki Hardi mengatakan, dalam acara ini juga diselenggarakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Universitas Mulia Agung Sakti Pribadi SH MH dan Ketua Koordinator Pusat RJI Andri Putra Kesmawan MIP.
“Adapun materi jurnal yang disampaikan meliputi setting dan aktivasi Digital Object Identifier (DOI), Persiapan dan setting Jurnal untuk mendaftar indeksasi Direktory of  Open Access Journal (DOAJ), serta Academic Writing for International Publication,” kata Richki.
Terpisah, Rektor Universitas Mulia Agung Sakti Pribadi SH MH menambahkan, Berdasarkan data dari Kemenristekdikti, Indonesia saat ini kekurangan 7.817 jurnal nasional yang terakreditasi.
Akreditasi jurnal ilmiah merupakan pengakuan resmi atas penjamian mutu Jurnal Ilmiah.  Bagi perguruan tinggi, keberadaan publikasi jurnal ilmiah menjadi faktor penting. Jurnal menjadi salah satu tolak ukur kualitas ilmuwan dan pendidikan. Atas dasar tersebut Kemenristekdikti mendorong berbagai pihak khususnya Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi jurnal ilmiah. Peningkatan kualitas publikasi jurnal ilmiah dilakukan dengan memperkuat kelembagaan jurnal, memperbaiki manajerial jurnal, dan menyediakan konten yang berkualitas. Harapannya dengan adanya saluran jurnal yang berkualitas maka hilirisasi output pendidikan dapat maksimal dan secara langsung dapat meningkatkan daya saing pendidikan Indonesia di taraf internasional.
“Acara Lokakarya Literasi Jurnal ini yang diselenggarakan oleh tim RJI-Universitas Mulia adalah untuk membantu Perguruan Tinggi menghasilkan jurnal yang berkualitas sesuai dengan harapan, ” timpalnya.

Sumber: Kaltim Post (3/4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »