Pegawai Universitas Mulia Ikut Pelatihan SPMI dan AMI

BALIKPAPAN- Upaya peningkatan kualitas dosen dan kompetensi civitas akademik Universitas Mulia UM terus dilakukan. Diantaranya dengan mengikuti lokakarya Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Audit Mutu Internal (AMI). UM menggandeng Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Uni- versitas Mulawarman (Unmul). Acara digelar selama dua hari. Dari 1- 2 Juli 2019 di Hotel Midtown Balikpapan Kota.

Kepala Penjaminan Mutu UM Vidy mengatakan, merujuk dari Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) yang baru, program studi (prodi) di setiap fakultas harus berdasarkan SPMI di setiap aktivitas. Khususnya di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pelatihan ini dirancang sesuai dengan standar pelatihan nasional. Lanjut dia, saat ini UM telah memiliki beberapa fakultas berakreditasi A dan B. Sedangkan tujuan pelatihan selama dua hari ini untuk mendapatkan tenaga-tenaga fungsional yang nanti akan mampu membuat dokumen SPMI di masing-masing prodi. “Ke depan bukan hanya lagi di fakultas melainkan langsung di tingkat jurusan fakultas. Jika tenaga-tenaga SPMI di prodi mampu membuat dokumen dengan baik maka akan sangat bagus dampaknya. Sehingga pelaksanaan kegiatan Tri Dharma di Prodi bisa berjalan dan ditingkatkan sesuai standar-standar yang dibuat Prodi,” tegasnya.

Selain itu, dirinya berharap dukungan fakultas agar semua bisa bersinergi dalam membuat dokumen-dokumen mutu yang baik. “Kami harap pelatihan-pelatihan seperti ini akan terus dilakukan di kemudian hari,” urainya.

Ketua LP3M Unmul, Prof Dr Ir Agus Sulistyo Budi saat membuka acara menambahkan, perkembangan teknologi saat ini menuntut untuk selalu melakukan inovasi. Berbagai materi penting disampaikan dalam pelatihan ini.

Pada hari pertama, materi seputar sinkronisasi SPMI dengan IAPS 4.0 dan sesi selanjutnya diisi materi audit mutu internal. “Selain beberapa materi tersebut, dalam kegiatan ini juga dirangkai penandatanganan kerjasama MoU antara UM dengan Unmul,” kata Vidy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »